Ratusan ODR dan ODP di Kota Bogor Jalani Rapid Test Covid-19

(Foto:Prokompim Setda Kota Bogor)

BOGOR KOTA, Bogor24.id – Ratusan Orang Dengan Risiko (ODR) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Kamis (26/3/2020), mengikuti rapid test massal Corona Virus Disease (Covid-19) yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di Stadion Pajajaran, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor. Para ODR ini adalah petugas medis dan non medis atau gugus tugas.

Pada pelaksanaan rapid test ini Pemkot Bogor mendapatkan alokasi kiriman dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebanyak 800 alat. Tapi pelaksanaannya tidak seperti yang telah diusulkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan metode drive thru, melainkan secara konvensional namun dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

“Hari ini (kemarin, red) dari siang sampai sore kita alokasikan 50 orang di GOR Pajajaran dan seratus orang di RSUD Kota Bogor. Seratus orang ini ditujukan untuk kriteria ODR dan sebagian besar petugas medis dan beberapa petugas non medis. Sedangkan 50 orang di GOR Pajajaran ini termasuk 16 orang anggota HIPMI yang ODP setelah mengikuti acara di Karawang,” jelas Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim saat video conference di Rumah Dinas Wali Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (26/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut Dedie juga menginformasikan sudah mendistribusikan sebanyak 1.560 set Alat Pelindung Diri (APD) kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) dan memintanya untuk segera mendistribusikan ke rumah sakit dan pihak-pihak yang langsung menangani medis.

“1.500 APD ini berasal dari Pangdam III Siliwangi. Selain itu ada 90 liter dan 100 botol hand sanitizer, masker N95, sarung tangan dan APD lainnya,” papar Dedie. (*)

Penulis : Yudi Effriadi
Editor: Donni Andriawan S.

Related posts

Leave a Comment