Platform Pemesanan Daring Tumbuhkan Bisnis Akomodasi di Bogor

Akomodasi berbasis daring, Reddoorz di kawasan Selatan Bogor. (Devina Putri/Bogor24.id)

BOGOR, Bogor24.id – Seiring semakin berkembangnya teknologi digital termasuk tingginya penggunaan internet, berbanding lurus dengan turut berkembangnya sektor pariwisata. Sebab, kini banyak pula bermunculannya platform penyedia layanan akomodasi online (daring) dengan berbagai kelas dan segmen.

Tidak saja memudahkan para wisatawan atau pelancong yang akan menginap ketika mengunjungi sebuah destinasi, tapi turut memacu dan menginspirasi masyarakat dan pelaku usaha untuk menyediakan kebutuhan akomodasi.

Di Bogor misalnya, kini ketersediaan akomodasi tidak hanya berada di pusat-pusat kota saja. Bahkan hingga jauh ke daerah pelosok pemukiman di daerah pinggiran yang umumnya berupa hostel, losmen, hotel kelas melati sampai guest house dan home stay.

Fenomena ini mulai terlihat sejak setahun terakhir ini. Akomodasi-akomodasi tersebut kebanyakan dibangun atau dikelola oleh perorangan dan bukan pengusaha besar. Mereka mulai jeli melihat betapa besarnya peluang pasar penginapan di kawasan Bogor.

Kamar-kamar yang umumnya mereka sewakan dipatok dengan tarif tidak lebih dari tiga ratus ribuan, itu pun dengan fasilitas standar layaknya hotel. Seperti pendingin ruangan, televisi, kamar mandi, bahkan sampai disediakannya jaringan internet gratis termasuk sarapan.

Jika diperhatikan, akomodasi semacam ini tidak menempati lahan yang luas dan biasanya hanya memanfaatkan ruko atau bahkan tempat tinggal yang disulap menjadi sebuah penginapan. Namun para pengelolanya sedikit melakukan modifikasi baik dari aspek interior maupun kelengkapan fasilitas demi memanjakan para tamunya.

Namun apapun bentuk akomodasi tersebut, yang jelas dengan hadirnya platform layanan akomodasi digital telah memberikan peluang usaha baru bagi sebagian orang. Dengan banyaknya ketersediaan kamar dan pilihan tempat penginapan juga justru akan memberikan banyak opsi bagi para pelancong sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimilikinya.

Semoga dengan terus berkembangnya sektor pariwisata di Kota Bogor termasuk bisnis akomodasi akan bisa memberikan memberikan dampak positif terhadap khususnya warga sekitar berdirinya akomodasi, yang akan berujung pada menggeliatnya tingkat perekonomian masyarakat namun dengan tetap mengedepankan pariwisata berkelanjutan yang memperhatikan isu-isu lingkungan.

Penulis : Devina Putri
Editor : Donni Andriawan S.

Related posts

Leave a Comment