Mudahkan Pelayanan, RSUD Kota Bogor Akan Luncurkan Aplikasi Berbasis Online

Wakil Direktur Umum RSUD Kota Bogor An An Andri Hikmat. (Foto:Istimewa)


BOGOR BARAT, Bogor24.id –
Dalam waktu yang tidak lama lagi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor akan meluncurkan sebuah sistem layanan masyarakat berbasis aplikasi (online). Aplikasi yang dibuat oleh Wakil Direktur Umum RSUD Kota Bogor An An Andri Hikmat itu, untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

Menurut mantan Plt Kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor ini, aplikasi yang diberi nama “Pendaftaran Online” itu akan mulai dijalankan pada Maret nanti.

“Sekarang masih dibuat, pertengahan Februari akan diuji coba, dan Insya Allah per tanggal 1 Maret 2020 aplikasi ini sudah di launching,” papar An An, Kamis (30/1/2020).

Di dalam aplikasi itu, bebernya, ada menu “Layanan RSUD Kota Bogor”. Di situ, terdapat beberapa layanan yang bisa digunakan masyarakat.

“Buka aplikasinya di handphone, terus klik “Layanan RSUD Kota Bogor”. Nanti di situ masyarakat tinggal pilih apakah mau daftar, apakah mau rujukan ke dokter mana misalnya, spesialis apa, ataupun mau ke poli. Di situ ada semua,” ungkap An An.

Bahkan, ia menyebutkan, aplikasi tersebut sudah terkoneksi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Jadi nanti ada kunci pembukanya, yaitu dengan menggunakan finger print. Setelah kunci terbuka, data yang ada di BPJS akan masuk ke aplikasi ini, karena aplikasi ini sudah terkoneksi dengan BPJS,” jelas An An.

Dengan adanya aplikasi itu, dirinya mengatakan, bahwa kemudahan layanan masyarakat di RSUD Kota Bogor jelas akan semakin termudahkan dan mampu mengefisiensi waktu.

“Masyarakat yang sudah mendaftar nanti dari aplikasi, ada jawaban soal jam kedatangan dan nomor urut. Jadi tidak usah lagi nunggu lama dari pagi. Soal obat, masyarakat juga tidak perlu lagi nunggu lama-lama di apotek, sudah pulang saja. Sebab, obat nantinya akan diantarkan kerumah langsung oleh ojek online,” terangnya.

Tidak cukup sampai di situ, An An juga menyebutkan, nantinya di aplikasi itu akan menginformasikan soal ketersediaan kamar yang ada di RSUD Kota Bogor yang bisa diketahui langsung oleh masyarakat.

“Ini yang paling utama di aplikasi ini, yaitu soal ketersediaan kamar. Jadi masyarakat akan tahu soal kebutuhan kamar karena bisa dilihat di situ. Baik di kelas 1, kelas 2, kelas 3 ataupun VIP,” pungkasnya.

Penulis : Yudi Effriadi
Editor : Donni Andriawan S.

Related posts

Leave a Comment