Jabar Siapkan 167 Event Festival Sepanjang 2020

(Foto:Istimewa/Humas Jabar)



BANDUNG, Bogor24.id – Total ada 167 event yang akan dilaksanakan di Jawa Barat (Jabar) sepanjang tahun 2020 yang terdiri dari 107 event kebudayaan, enam event musik, 23 event olahraga, lima event fashion, sepuluh event kuliner dan 17 event ekshibisi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan hal itu saat membuka acara Launching West Java Calender of Event 2020 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (22/1/2020).

“167 event festival yang masuk dalam Calender of Event Jabar di 2020 merupakan event pilihan yang akan dijadikan festival unggulan. Festival-festival ini akan mampu berkontribusi pada perputaran ekonomi hingga triliunan rupiah,” ungkap Emil sapaan Ridwan Kamil.

Dari 167 event festival di dalam Celender of Event itu, ia menyebutkan, ada lima event yang mendapat dukungan dan akan dipromosikan secara masif ke level dunia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Yakni Asia Afrika Festival 2020 (Bandung), Cap Go Meh (Bogor), Hardfest Pesona Jatigede (Sumedang), Festival Seni dan Budaya (Cirebon) serta Gebyar Pesona Budaya (Garut).

“Sesuai dengan standar yang diberikan pemerintah pusat, dari 167 event festival di Calender of Event, lima di antaranya dapat dukungan pemerintah pusat. Lima ini dianggap luar biasa daya tariknya untuk internasional, sehingga ada pendanaan dan dukungan dari pemerintah pusat,” papar Emil.

Ia juga menerangkan, bahwa sebenarnya festival di Jabar itu bahkan jumlah ada ribuan mulai dari level RT sekali pun. Tapi, katanya, Pemprov Jabat hanya mendeklarasikan 167 festival saja yang akan dijadikan unggulan untuk menguatkan ekonomi pariwisata Jabar.

Tidak hanya Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hadir sekaligus membuka acara, ada pula Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf RI Rizki Handayani, Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik, para Kepala Disparbud se-Jabar termasuk Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor Shahlan Rasyidi yang mewakili Wali Kota Bogor Bima Arya. (*)

Editor : Galuh Prakasa

Related posts

Leave a Comment