Dampak Virus Corona, Ini Langkah Antisipasi yang Diambil Pengelola Hotel Kota Bogor

Bianco Costel (Foto: Dok. Bogor24.id)

 

BOGOR KOTA, Bogor24.id – Virus corona yang terus menebar teror di masyarakat tidak sedikit membuat kepanikan sebagian kalangan. Imbasnya, berbagai sektor pun mulai terdampak dan membuat lesu industri-industri yang sangat rentan terhadap isu semacam ini.

Meskipun berbagai langkah antisipasi dan upaya strategis telah diambil pemerintah, namun rupanya hal tersebut belum bisa menunjukkan hal positif. Pasalnya, seperti di industri pariwisata ini dampaknya sangat terasa. Seperti di berbagai daerah tujuan wisata, kelesuan semakin terasa hingga menurunnya okupansi hasil secara drastis.

Para pengelolanya pun mengambil beragam cara agar bisnis yang mereka jalani bisa tetap survive dan dapat menarik banyak pengunjung atau tamu, seperti halnya di Kota Bogor. Selain membuat promo menarik, sebagai langkah antisipasi juga dilakukan dengan menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) pencegahan penyebaran virus corona.

Seperti dikemukakan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor Yuno Abeta Lahay belum lama ini, sejumlah hotel sudah mulai menerapkan SOP tersebut di atas dengan melakukan pemindaian suhu tubuh setiap tamu yang masuk sampai penyediaan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer).

“Meski dari PHRI sendiri tidak secara langsung menghimbau demikian, tapi para anggota secara inisiatif sudah melaksanakannya sendiri-sendiri. Mereka mengambil langkah-langkah antisipatif namun dengan tidak mengurangi kenyamanan para tamunya,” papar Yuno.

Beberapa hotel, katanya, melakukan hal itu demi terciptanya keamanan dan kenyamanan untuk seluruh tamu dan para karyawannya yang berujung pada harapan akan terbebasnya penyebaran virus mematikan ini di hotel mereka khususnya dan Kota Bogor umumnya.

“Tentu pada akhirnya harapan kami adalah agar virus corona ini dapat segera berakhir. Sehingga industri pariwisata akan kembali bergeliat dan kunjungan turis atau wisatawan pun akan normal kembali. Tentunya hal itu akan membuat bergairahnya perekonomian di Kota Bogor,” harap Yuno.

Penulis : Devina Putri
Editor : Donni Andriawan S.

Related posts

Leave a Comment