Ciptakan Wirausaha Baru, Dinas Koperasi dan UMKM Gelar Kelas Inspirasi

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Samson Purba. (Foto:Panca Mega/Bogor24.id)


TANAH SAREAL, Bogor24.id – Sebagai upaya untuk membuka kesempatan dan penciptaan wirausaha baru, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor akan mengadakan Kelas Inspirasi, Selasa (11/2/2020).

Kelas Inspirasi ini akan diikuti ratusan peserta yang merupakan wirausaha baru dari berbagai latar belakang, usia sampai produk usahanya. Nantinya mereka akan mendapatkan materi dari narasumber yang merupakan pelaku usaha langsung yang telah berhasil dalam menjalankan bisnisnya.

Dijelaskan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Samson Purba, Senin (10/2/2020), Kelas Inspirasi itu akan dibagi ke dalam tiga kategori yang terdiri dari Taruna Preneur, Santri Preneur dan Family Preneur.

“Taruna Preuner sendiri merupakan mahasiswa atau kalangan muda yang telah memiliki atau menjalankan usahanya minimal selama enam bulan. Begitu pun untuk Santri Preneur dan Family Preneur, keduanya juga harus sudah mempunyai usaha minimal enam bulan,” jelas Samson.

Untuk peserta Santri Preneur, masih kata Samson, diambil dari komunitas-komunitas santri yang juga harus mempunyai usaha atau setidaknya sudah belajar usaha. Sedangkan Family Preneur, ia menerangkan, merupakan anak-anak dsri keluarga yang memang telah memiliki usaha.

“Yang jelas dari tiga kelompok ini total ada 250 orang, di mana kelas inspirasi ini sebagai langkah awalnya. Karena, masih akan ada kelas lanjutan dan kelas kompetisi,” papar Samson.

Dari Kelas Inspirasi itu, imbuhnya, akan dijaring menjadi 150 orang peserta untuk mengikuti Kelas Lanjutan. Kemudian akan dilakukan eliminasi kembali ketika di Kelas Kompetisi hingga menyusut menjadi 100 orang sampai tinggal menyisakan 50 orang untuk berkesempatan ke jenjang berikutnya, yakni Kelas Kementerian yang menyisakan 10 orang saja.

Penulis : Panca Mega
Editor : Donni Andriawan S.

Related posts

Leave a Comment