Cara Mudah Merawat Helm

(Foto:Andri Budiman/Bogor24.id)

BOGOR, Bogor24.id – Adanya imbauan dari pemerintah agar masyarakat diam di rumah sebagai langkah pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), memberikan banyak dampak positif. Selain bisa digunakan untuk beristirahat dan terbebas dari rutinitas sehari-hari, juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan quality time bersama keluarga.

Selama masa isolasi mandiri ini bisa juga dimanfaatkan oleh para biker yang kesehariannya ditunjang atau mengendarai sepeda motor. Satu di antaranya dengan melakukan treatment terhadap pelindung kepala (helm), yang menjadi satu bagian penting dalam berkendara.

Tidak hanya memastikan kondisinya masih baik dan layak pakai, dengan mencuci helm pun untuk membersihkannya. Apalagi bila digunakan setiap hari untuk beraktivitas, karena bagaimana pun para biker tidak boleh abai mengecek dan membersihkannya.

Khusus selama masa “libur” kali ini maka menjadi saat yang tepat untuk mencucinya, baik itu untuk helm full face maupun helm model open face. Karena bagian ventilasi dan bagian dalamnya sangat rentan terhadap debu dan potensi kuman-kuman yang menempel di dalamnya.

Yang pertama dilakukan adalah dengan membersihkan bagian luar helm dan visor (kaca). Untuk melakukannya cukup mengelapnya dengan air bersih menggunakan lap microfiber. Untuk menjamin hasil yang lebih sempurna, ketika membersihkan bagian visor bisa menggunakan cairan khusus pembersih yang direkomendasikan. Untuk mendapatkannya pun mudah, karena banyak produk after market tersedia di pasaran.

Sebab, dengan dibantu menggunakan cairan khusus tersebut mampu secara optimal menghilangkan noda-noda dan minyak yang menempel di visor yang kerap terpapar saat berkendara. Tapi bila tidak ada pun cukup menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Kemudian di lap sampai bersih dengan lap microfiber.

Sementara untuk mencuci bagian dalam helm mesti melepas terlebih dulu bagian inner yang biasanya bisa dicopot karena dikancing. Membersihkannya cukup dengan merendamnya sebentar menggunakan detergen. Tidak perlu disikat atau dikucek dengan tangan, biarkan kotorannya larut atau rontok dengan sendirinya. Karena jika disikat apalagi menggunakan bulu sikat yang kasar akan merusak bagian dalamnya.

Penulis: Andri Budiman
Editor: Galuh Prakasa

Related posts

Leave a Comment