Banjir 1,5 Meter Terjang Kota Bogor

(Foto:BPBD Kota Bogor)



BOGOR, Bogor24.id – Tiga kejadian banjir lintasan dan tanah longsor serta tanggul jebol mewarnai peristiwa bencana di Kota Bogor sepanjang Jumat (7/2/2020). Semua kejadian tersebut diakibatkan tingginya instensitas hujan dengan durasi yang lama dari sore hingga malam hari.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor yang dikutip Bogor24.id, kejadian tanah longsor terjadi di Kampung Semplak RT 01/RW 02 Kelurahan Semplak, Bogor Barat; Kampung Kedung Halang Wesel RT 05/RW 03 Kelurahan Sukaresmi, Tanah Sareal dan di Kampung Blentuk RT 02/RW 01 Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara.

Berikutnya adalah kejadian banjir lintasan yang terjadi di tiga lokasi wilayah berbeda. Yaitu di RT 05/RW 01 Kelurahan Tanah Baru, Bogor Utara; Kampung Neglasari 1 RT 04/RW 04 Kelurahan Cibuluh, Bogor Utara dan di Gang Makam RT 05/RW 05 Kelurahan Cilendek Barat, Bogor Barat, Kota Bogor serta satu kejadian jebolnya Bendungan Cibagolo karena kikisan arus Sungai Ciliwung yang deras di Kampung Lebak Pilar RT 02/RW 03 Kelurahan Sempur, Bogor Tengah.

Dari kejadian banjir lintasan, membuat 147 rumah warga terdampak dengan rincian sekitar seratusan Kepala Keluarga (KK) harus menjadi korban dengan ketinggian air yang bervariasi mulai dari 50 cm hingga mencapai 1,5 meter di Kampung Neglasari 1 RT 04/RW 04 Kelurahan Cibuluh, Bogor Utara yang merendam 45 rumah. Sementara kejadian tanah longsor membuat lima KK terdampak dengan total rincian sebanyak 24 jiwa.

Penulis : Andri Budiman
Editor : Donni Andriawan S.

Related posts

Leave a Comment